Kamis, 12 November 2009

Sonic Boom, Kebangkitan Kembali Band Rock Veteran KISS

Cover Album Sonic Boom

Cover Album Sonic Boom

Anda tentunya kenal dengan Kuburan Band, band metal hidrolik asal Bandung yang lagi naik daun karena musik dan penampilannya yang lain dari yang lain. Tapi, kenalkah anda dengan KISS?? Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa KISS lah yang menginsiprasi Kuburan Band dalam segi stage outfit. Meski Kuburan Band mengelak dengan berujar bahwa mereka terinspirasi dari kelompok humor Ria Jenaka yang disiarkan TVRI, kalau diperhatikan dengan seksama Kuburan Band jelas-jelas menjiplak penampilan band asal New York ini. Dan di awal bulan oktober ini, KISS merilis studio album yang ke-19. Jika album rock ini booming di Indonesia, mungkin Kuburan Band akan malu karena penggemar mereka sadar akan ketidakorisinilan Kuburan Band yang baru merilis dua buah album tersebut.

Sejak album terakhir mereka, Psycho Circus yang rilis tahun 1998, personil KISS vakum selama lebih dari sepuluh tahun. Hingga akhirnya di akhir tahun 2008, dua pentolan KISS, Paul Stanley (vocal/guitar) dan Gene Simmons (vocal/bass) membeberkan ke media bahwa mereka sedang dalam proses pengerjaan album terbaru yang disebut-sebut Stanley sebagai album dengan “real 70’s KISS sound.

Performance Live KISS

Performance Live KISS

Dengan diproduseri sendiri oleh Paul Stanley, akhirnya studio album yang bernama Sonic Boom ini rilis pada tanggal 6 Oktober 2009. Konsep musik Rock N Roll dan Hard Rock masih setia diusung oleh band yang berdiri sejak 1973 ini. Yang unik adalah keseluruhan album dibuat dengan cara rekaman analog, sehingga sangat mirip dengan suara KISS di akhir tahun ’70-an. Cover album mereka kali ini pun seklasik musik di dalamnya.

Meski duo lead vocal KISS sudah tak muda lagi (Simmons 60, Stanley 57), album ini masih dapat memberi bukti kepada KISS Army bahwa mereka belum “habis”. Track pertama, “Modern Day Deliliah” berhasil membuka album ini dengan baik dengan style musik serupa album Revenge. Track yang tanggal 19 Agustus lagu dirilis sebagai single ini mampu mewakili apa yang akan disajikan KISS di album terbarunya ini. “Russian Roulette” dan “Yes I Know (Nobody’s Perfect)” merupakan dua lagu terbaik yang dinyanyikan Gene Simmons . Sedangkan vokal Paul Stanley yang khas terbukti tidak termakan usia di track Never Enough” dan “Danger Us”. Sang drummer Eric Singer juga kebagian menyanyi di track All For The Glory”, dan hasilnya tidak mengecewakan. Begitu pula lead guitar Tommy Thayer yang kebagian mengisi suara di track When Lightning Strikes”, kualitas vokalnya disebut-sebut jauh lebih baik daripada Ace Frehley, gitaris KISS terdahulu.

Track-track lainnya pun dibuat solid dan impresif, seperti “I’m An Animal” yang memperdengarkan kita dentuman bass Gene Simmons yang bombastis. Kemudian ada “Stand” yang mengingatkan kita dengan tembang “God Save Rock N Roll To You” mereka, dan “Hot And Cold” yang mirip “Love Em Leave Em”. Penutup album “Say Yeah” yang berupa easy-listening anthem memaksa kita berucap “Oh Yeah” setelah 43 menit mendengarkan keseluruhan isi album.

Gene Simmons

Gene Simmons

Secara umum, album ini melebihi ekspektasi pencinta musik yang mengenal KISS sejak tahun ’70-‘80an. Dibanding album Psycho Circus, album ini jauh lebih baik. Paul Stanley tetap Paul Stanley yang dulu, musikalitas cemerlang dan lirik yang brilian. Gene Simmons dan Eric Singer sedang berada di top notch, dan applause pantas kita tujukan kepada Tommy Thayer yang di album ini berhasil mengalahkan paradigma bahwa ia tidak akan pernah melampaui Ace Frehley.

Mungkin ini adalah album terakhir KISS, mengingat usia personilnya. Namun, siapa tahu ke depannya KISS masih dapat berkarya seperti yang dilakukan Brian Johnson bersama AC/DC. Atau bisakah kita berharap band “KISS-like” seperti Kuburan Band melanjutkan legacy yang telah dibangun KISS lebih dari 30 tahun? Maybe yes, absolutely no!

Tidak ada komentar:

ROCK N' ROLL STILL ALIVE © 2008. Design by :vio Templates Sponsored by: Lagu Hits Lagu Manca