Kamis, 12 November 2009

Lahirnya Musik Metal dari Album Paranoid

Cover Album Paranoid

Cover Album Paranoid

Kapan genre Metal lahir? Pertanyaan ini sulit untuk dijawab karena tak ada bukti pasti yang menyatakan kapan dan oleh siapa tepatnya genre musik ini diciptakan. Tetapi tak dapat disangkal bahwa Black Sabbath, band Heavy Metal dari Inggris mempunyai andil besar dalam berkembangnya musik Metal. Dan salah satu album mereka yang dirilis tanggal 18 September 1970, “Paranoid” adalah album yang membuat Metal dikenal dan disukai oleh masyarakat dunia.

“Paranoid” adalah album kedua Black Sabbath. Black Sabbath sebelumnya telah merilis album debut “Black Sabbath” yang disebut – sebut sebagai album Heavy Metal pertama di dunia. Kedua album tersebut diproduksi oleh Vertigo Records. Album “Paranoid” merupakan album yang paling berpengaruh pada genre Heavy Metal dan paling menginspirasi musisi lainnya. Album ini mencatat penjualan 4 juta copy (untuk kawasan Amerika saja) sehingga mendapat Quadruple Platinum. Album yang dibuat di Island Studios di London ini adalah album Black Sabbath dengan penjualan terbanyak dibandingkan album – album lainnya.

Tema yang diangkat dalam album ini adalah mengenai perang, sakit kejiwaan, penyalahgunaan obat – obatan terlarang, serta horror sci-fi. Lirik track pembuka album “paranoid” mengenai Perang Vietnam dan Perang Dingin, sehingga membuat lagu ini sebagai protest song yang menggambarkan situasi di masa itu. Sedangkan “Electric Funeral” menggambarkan dampak yang diakibatkan oleh penggunaan nuklir dalam peperangan.

Ozzy Osbourne, Vokalis Orisinil Black Sabbath

Ozzy Osbourne, Vokalis Orisinil Black Sabbath

“Iron Man” menggambarkan nasib pejuang veteran Perang Vietnam yang diasingkan oleh masyarakat setelah kembali dari perang, dan tak dapat membaurkan diri pada kehidupan normal dan mengalami kerusakan mental setelah perang. Kemudian “Paranoid” yang merupakan title track album ini menceritakan mengenai penyakit kejiwaan. Awalnya Black Sabbath membuat lagu “Paranoid” hanya sebagai pengisi tambahan atau interlude untuk album ini, lagu ini ditulis diakhir sesi rekaman di studio dengan lama waktu sekitar 20-25 menit. Mereka tak bermaksud membuat sebuah lagu hits, namun kenyataannya lagu ini menjadi lagu yang paling dikenal dari sekian lagu mereka, dan lagu ini pula yang membuat Black Sabbath dilirik oleh pendengar musik di seluruh dunia.

Nuansa Psychedelic digambarkan pada lagu “Planet Caravan” dan “Fairies Wear Boots” dengan lirik yang agak abstrak. “Hand Of Doom” memberikan pesan untuk melawan penyalahgunaan heroin.

Dari segi musik, lagu pembuka “War Pigs” mempunyai beat yang cukup lambat pada awalnya, dan dengan durasi 7 menit lebih, track ini tidak dapat memberikan gambaran keseluruhan musik dalam album ini. Tetapi “War Pigs” menjadi inspirasi tersendiri bagi perintis genre Doom Metal hingga sekarang ini.

“Paranoid” adalah track yang paling atraktif dengan riff berdistorsi diikuti suara bass yang dinamis. Meski track ini berdurasi kurang dari 3 menit, “Paranoid” pantas disebut sebagai track terbaik album ini.

Lagu yang dicover oleh grup band Pantera, “Planet Caravan” memberikan nuansa berbeda. Kita diperdengarkan dengan bagian gelap dari musik Metal. Uniknya, lagu berirama psychedelic ini diikuti oleh tabuhan perkusi.

Lead Guitarist Black Sabbath, Tony Iommi

Lead Guitarist Black Sabbath, Tony Iommi

Riff gitar “Iron Man” yang pastinya sering kita dengar menghentak ditrack keempat. Track “Iron Man” adalah salah satu lagu terbaik di album ini. Di akhir lagu, improvisasi sangat terasa, dan dengan sukses mengakhiri track ini.

“Rat Salad” adalah track instrument tanpa vocal yang menunjukkan seberapa menariknya musik Metal yang diusung Black Sabbath. Permainan melodi Tony Iommi berkolaborasi indah dengan ‘amukan’ drum Bill Ward.

Di track “Electric Funeral”, Tony Iommi menunjukkan kebolehannya memainkan gitar listrik. Track selanjutnya “Hand Of Doom” memiliki dinamika tersendiri, track ini terasa naik – turun. Sedangkan track penutup “Fairies Wear Boots” sukses mengakhiri album ini bersama fade-out melody dari Iommi.

Tracklisting:

Side one

  1. War Pigs” – 7:57
  2. Paranoid” – 2:52
  3. Planet Caravan” – 4:32
  4. Iron Man” – 5:58

Side two

  1. Electric Funeral” – 4:52
  2. Hand of Doom” – 7:07
  3. Rat Salad” – 2:31
  4. Fairies Wear Boots” – 6:15

Tidak ada komentar:

ROCK N' ROLL STILL ALIVE © 2008. Design by :vio Templates Sponsored by: Lagu Hits Lagu Manca