Kamis, 12 November 2009

Bob Dylan

Bob Dylan
Dylan pada March on Washington for Jobs and Freedom taun 1963
Latar belakang
Nama lahir Robert Allen Zimmerman
Nama lain Elston Gunn Blind Boy Grunt, Lucky Wilbury/Boo Wilbury, Elmer Johnson, Sergei Petrov, Jack Frost, Jack Fate, Willow Scarlet, Robert Milkwood Thomas.
Lahir 24 Mei 1941 (umur 68)
Duluth, Minnesota, Amerika Serikat
Pekerjaan penyanyi-penulis lagu], penulis, penyair, penulis adegan, disc jockey
Instrumen Vokal, gitar, harmonika, keyboards, piano, bass
Tahun aktif 1959–sekarang
Perusahaan rekaman Columbia, Asylum
Terkait
dengan
The Band, Traveling Wilburys, Grateful Dead, Tom Petty & the Heartbreakers
Situs web www.bobdylan.com

Bob Dylan (terlahir sebagai Robert Allen Zimmerman lahir di Duluth, Minnesota, Amerika Serikat, 24 Mei 1941; umur 68 tahun) adalah seorang penyanyi-penulis lagu, musikus dan penyair Amerika yang sumbangannya terhadap musik Amerika bertahan lama dan dapat dibandingkan, dalam kemasyhuran dan pengaruhnya, dengan karya-karya Stephen Foster, Irving Berlin, Woody Guthrie, Bruce Springsteen, dan Hank Williams. Tempatnya dalam budaya Amerika dan Eropa pada sepertiga terakhir dari abad ke-20 hingga sekarang memang unik.

Banyak dari karya terbaik Dylan berasal dari tahun 1960-an, ketika ia menjadi dokumentarian dan tokoh pergolakan Amerika. Sebagian dari lagu-lagunya, seperti "Blowin' in the Wind" dan "The Times They Are A-Changin'"[1], menjadi "lagu kebangsaan" dari gerakan anti perang dan gerakan hak-hak sipil. Dylan tetap merupakan seniman yang populer dan berpengaruh. Albumnya yang terbaru memuat lagu-lagu baru, "Love and Theft", menduduki tempat ke-5 pada tangga lagu-lagu terpoluer di AS dan ke-3 di Britania.

Referensi


Tidak ada komentar:

ROCK N' ROLL STILL ALIVE © 2008. Design by :vio Templates Sponsored by: Lagu Hits Lagu Manca